Perubahan Besar dalam Lingkungan Bisnis Memandu
Kebutuhan akan Pengetahuan NetworkingDivisi Information and Communiation Networks Siemens adalah provider globaldari solusi telekomunikasi , aktif di lebih dari 100 negara . Bisnis tradisional perusahaanbiasanya secara langsung dan sederhana : Siemens mendominasi pasar atas suatuhubungan erat dengan suatu aturan monopoli telekomunikasi nasional . Siemensmenggunakan posisi ini untuk menjual produk terintegrasi kepada telekomunikasinasional lain di seluruh dunia .Pertengahan 1990 lingkungan pasar mengalami perubahan besar. Pesaing barumasuk tepat disaat pengenalan teknologi baru seperti IP Jaringan . Pelanggan barulebih sedikit tertarik untukmembeli kotak dari Siemens . Terjadi pergeseran dari bisnisproduk murni kepada suatu pendekatan solusi dan fokus jasa lebih menguatmeningkatkan intensitas pengetahuan dan kompleksitas .Ketrampilan seperti analisa bisnis , pengembangan bisnis , perencanaan jaringan ,outsourcing dan seterusnya tiba - tiba menjadi permintaan tinggi . Solusi menjual telahmenjadi suatu aktivitas value - adding yg penting . Lahirlah gagasan Sharenet sebagai “pengetahuan global yang berbagi jaringan . "
ICN/ICM Sharenet– Pengungkitan Serentak Inovasi Lokal
Jaringan Sharenet adalah tenaga ahli sedunia dan biarkan mereka berbagi danmengembangkan pengetahuan mereka dalam rangka menciptakan solusi pelangganyg lebih baik . Tujuannya untuk mendeteksi pengungkitan dan inovasi lokal padaskala global . Sharenet meliputi kedua - duanya yang eksplisit dan pengetahuan yangdiam - diam dari proses pembentukan nilai penualan , mencakup proyek mengetahui -bagaimana , solusi komponen fungsional dan teknis , dan lingkungan bisnis ( sebagaicontoh pelanggan , pesaing , pasar , teknologi dan pengetahuan mitra ) . Sharenetmempunyai suatu fokus kuat pada pengetahuan dasar pengalaman.Sharenet menyediakan sedikit ruang tersusun seperti chat rooms, beritamasyarakat, grup diskusi pada isu khusus dan demikian disebut “ Urgent Request ”(UR ) . Urgent request pada dasarnya suatu forum untuk menanyakan segala halpertanyaan mendesak yang sudah tidak menggambarkan pemilikorganisatoris . Sebab jaringan Sharenet bekerja tidak terikat pada wilayah waktu danbatasan - batasan organisatoris , anggota pada umumnya mendapatkan jawabandalam beberapa jam.
Kontribusi Pengetahuan – Tugas Semua Anggota
Paradigma pokok Jaringan Sharenet adalah bahwa pembaca / penggunamanapun juga merupakan suatu penerbit . Gagasan untuk Sharenet adalah untukmengumpulkan pengetahuan dari komunitas diseluruh dunia dengan kemungkinanbirokrasi yg kecil dan penghalang untuk masuk . Lebih jauh , tiap -tiap kontribusi“ dapat dikomentari ” oleh keseluruhan komunitas .
Akses Universal ke Penjualan , Pemasaran , & Pengetahuan Servis
Kegunaan pengetahuan yang tersedia via Sharenet terjadi dalam semua tahapproses penjualan . Anggota mencari website tersebut untuk solusi spesifik, merekamencari - cari semua proyek di mana suatu pesaing tertentu telah dilibatkan , merekamencari pembiayaan inovatif atau menetapkan harga rencana dan seterusnya .Anggota sering menggunakan cerita sukses dalam menemui dengan pelangganmereka untuk meningkatkan kredibilitas dan kemungkinan memenangkan proyektersebut .
ShareNet – Organisasi Virtual
Walaupun Sharenet terintegrasi pekerjaan sehari - hari , itu tidak berartibahwa tidak ada dukungan tambahan yg diperlukan . Tiap -Tiap perusahaan lokalmempunyai sedikitnya satu “ Sharenet Manajer ” , suatu multiplicator yangbertanggung jawab untuk mendukung anggota didalam organisasinya danmemastikan bahwa Sharenet menjadi dan tinggal suatutetap bagian integral daripekerjaan mereka , dengan pelatihan para pemakai baru , mengembangkan intra -organizational re - use, mempromosikan “ filosofi ” tentang Sharenet dengan semuastakeholders di dalam negerinya , dan mempromosikan cerita sukses untuk menariklebih “ para pemakai berkuasa ” .
Sistem Insentif – Kenapa Orang Harus Berbagi Pengetahuannya ?
Pengalaman Siemens menunjukan yang suatu kombinasi individu dan ukuranorganisatoris memandu kontribusi pengetahuan :
• Anggota menuai manfaat dari Sharenet untuk bisnis sehari - hari mereka : merekamenghemat waktu, mereka menerima suatu jawaban cepat untuk suatu masalah ygmenekan dan seterusnya. Sedemikian, mereka mempunyai suatukecenderungan / kemiringan untuk mengembalikan sesuatu kepada masyarakat .
• Sering , tenaga ahli pokok yang riil tidaklah bisa diidentifikasi pada suatu skemaorganisasi sederhana . Mereka bekerja tersembunyi di suatu tempat di dunia tanpabanyak publisitas . Dengan kontribusi diselaraskan mereka , Sharenet membuat ini“ juara yang tersembunyi ” kelihatan oleh organisasi yang global .
• Suatu sistem web - based insentif telah dikembangkan : untuk kontribusi berhargamanapun , anggota menerima Sharenet " bagian ” atau bonus poin . Keduakontributor pengetahuan , seperti halnya re - users dihadiahi untuk berbagipengalaman mereka . Bagian dapat ditebus untuk hadiah yang membantuperkembangan pengetahuan individu mereka , seperti suatu keikutsertaan pada[ atas ] suatu konferensi internasional atau kursus dan seminar yang ingin merekahadiri sekalipun ini tidaklah berhubungan erat dengan pekerjaan sehari - hari mereka .
Keuntungan
• Sharenet menyediakan pengetahuan pengalaman hidup proyek penjualan riil danmenguji modul solusi pelanggan untuk aplikasi di keadaan serupa .
• Sebagai tambahan terhadap waktu , Sharenet menghemat biaya konsultan untukSiemens, sebab laporan pengetahuan dan analisa dari konsultan eksternal dibuattersedia pada suatu skala global kapan saja mungkin .
• Dengan pembuatan solusi pelanggan inovatif yang kelihatan sepanjang organisasi ,itu adalah re - used negara - negara lain atau dengan pelanggan lain, dengan begitumembangitkan arus pendapatan baru .
• Dengan networking penjualan frontline di semua negara - negara , Siemens bisamendeteksi pengembangan dan kecenderungan baru di ( dalam ) teknologi dankebutuhan pelanggan yang lebih awal untuk keuntungan pelanggan .
1 CoMMents:
wah sangat menarik sekali postingannya
salam super
www.amirlazuardi.blogspot.com
in "how to learn information system"
Post a Comment